Bisnis Tidak Mengenal Gender

Selain sukses menjadi pebisnis properti di Asia, ia juga dikenal sebagai sosok yang selalu mendorong pemberdayaan wanita dalam segala bidang bisnis. Sebagai sosok yang pernah dinobatkan sebagai The Most Inspiring Women oleh majalah Forbes Indonesia, Loemongga selalu berusaha membagikan pengetahuannya dalam bidang bisnis untuk pengembangan wanita profesional.

Bangkok, Portonews.com-PropertyGuru Group, perusahaan properti teknologi terdepan di Asia Tenggara kembali menggelar acara tahunan PropertyGuru bernama Asia Real Estate Summit 2022 yang ke-8 di Bangkok, Thailand.

Presiden Direktur Asiana Group, Loemongga Haoemasan turut hadir bersama para wanita pemimpin perusahaan di negara-negara Asia seperti Hong Kong, Philippines, dan Singapura, dalam acara diskusi Empowering Women Leaders in Tech and Real Estate, yang membahas tantangan wanita dalam industri properti dan teknologi, sehingga bagaimana keragaman dan kesetaraan bisa merangkul seluruh lapisan masyarakat menjadi sangat penting dalam menciptakan perkembangan ekonomi berkelanjutan dengan mengedepankan suara wanita dalam sektor properti dan teknologi.

Menariknya lagi dalam sesi khusus ini juga membahas tentang mengapa seorang Ibu didorong untuk mengambil posisi kepimpinan.

Loemongga yang merupakan seorang Ibu dan juga sekaligus pengusaha properti handal di Indonesia menanggapi semua tantangan ini dengan menyampaikan bahwa perannya sebagai seorang Ibu mendukung kepiawaiannya dalam menjadi seorang pemimpin bisnis terutama dalam menyusun perencanaan yang efektif karena sudah terbiasa dalam mengatur waktu dalam keluarga dan menghargai kepentingan masing-masing anggota keluarganya.

Menurut Loemongga, peran sebagai Ibu juga membuatnya memiliki pertimbangan yang lebih menyeluruh dalam membuat keputusan, dan ini juga tercermin dalam perannya sebagai pengusaha. Sehingga dalam perannya sebagai pebisnis semua itu akan berjalan layaknya sebuah naluri, karena terbentuk dari proses keseharian yang alami.

“Sebagai seorang Ibu dan pebisnis kita ditantang untuk dapat membagi banyak waktu agar semua dapat berjalan secara selaras dan memenuhi tuntutan setiap perannya. Selain itu bisnis tidak mengenal gender, tinggal bagaimana kita sebagai wanita melihat kesempatan ini apakah kita akan mengambil peran, memperkuat skills dan kemampuan, berani mengambil resiko, dan bersaing di dalamnya atau hanya sebagai spektator saja,” kata Loemongga.

Dikenal sebagai seorang wanita dengan multi peran, Loemongga telah lama menggeluti dunia properti. Justru pada saat mengawali karirnya di dunia perbankan yang membangkitkan ketertarikannya pada dunia properti dan desain karena banyak memiliki client dari bidang real estate developer.

Langkah awalnya dimulai saat Loemongga memulai bisnis properti dengan membangun beberapa project rumah tinggal di area-area strategis di Jakarta Selatan. Berangkat dari pengalaman tersebut, didirikanlah Asiana Group yang hingga saat ini telah dianugerahi beberapa penghargaan bergengsi di Asia termasuk The Best Boutique Developer serta menjadi pemenang dalam Asia Pacific Property Awards.

Selain sukses menjadi pebisnis properti di Asia, ia juga dikenal sebagai sosok yang selalu mendorong pemberdayaan wanita dalam segala bidang bisnis. Sebagai sosok yang pernah dinobatkan sebagai The Most Inspiring Women oleh majalah Forbes Indonesia, Loemongga selalu berusaha membagikan pengetahuannya dalam bidang bisnis untuk pengembangan wanita profesional.

Sesi panel di acara Asia Real Estate Summit 2023 ini juga membahas mengenai pentingnya menyuarakan keragaman dan kesetaraan dalam bisnis real estate untuk pengembangan bisnis dan ekonomi yang berkelanjutan. Perkembangan bisnis properti di Indonesia sendiri memberikan kontribusi lebih dari layanan makanan, tercatat lebih dari 2,7% kontribusi terhadap GDP tahun lalu.

“Dengan populasi yang kian meningkat, tentunya permintaan akan properti juga akan naik. Pemimpin bisnis dimanapun di dunia memahami bagaimana percepatan bisnis saat ini sangat membutuhkan keterlibatan semua pihak, dan ini merupakan undangan bagi semua orang yang memiliki minat dan ketekunan untuk menjadi seorang profesional di bisnis properti,” ujarnya.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 300 delegasi senior dalam bidang properti dari 12 negara-negara di Asia ini juga menarik minat negara lain yang terbentang hingga Australia, serta beberapa tokoh pemimpin dunia, visionaries, innovators, dan para start-up founders. Acara tahunan ini juga dihadirkan dalam bentuk hybrid sehingga dapat disaksikan oleh para pebisnis properti di seluruh dunia.

Source: https://www.portonews.com/2022/potret/bisnis-tidak-mengenal-gender/