MENGENAL LOEMONGGA HAOEMASAN DAN KIPRAH BANGUN APARTEMEN MEWAH

Loemongga Haoemasan, istri dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, meraih penghargaan Indonesia Real Estate Personality of the Year 2023. Loemongga merupakan CEO Asiana Group yang telah membangun hunian mewah sejak 2005 ini menjadi perempuan Indonesia pertama meraih award tersebut.

Bisnis, JAKARTA – Loemongga Haomasan, istri dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, meraih penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards sebagai Indonesia Real Estate Personality of the Year 2023. Loemongga merupakan Presiden Direktur Asiana Group yang telah membangun hunian mewah sejak tahun 2005.

Penghargaan ini menandai momen bersejarah karena Loemongga menjadi perempuan pertama yang menerima penghargaan ini dalam sejarah program PropertyGuru Indonesia Property Awards. Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusinya pada pengembangan real estat di negara ini serta keterlibatannya di Asia Timur. 

Sebagai Presiden Direktur Asiana Group, Loemongga telah mengawasi pengembangan beragam proyek perumahan dan pembangunan gedung bertingkat yang ikonik, di antaranya Senopati Suites 1, 2, dan 3, Nirvana Residence di Jakarta, Biu Biu di Jimbaran Bali, dan TwoSenopati di SCBD Jakarta. 

Selain kontribusinya yang luar biasa pada sektor real estat, perempuan lulusan keuangan dari Boston College itu juga banyak terlibat dalam organisasi sosial, termasuk Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Organisasi ini mencerminkan komitmennya untuk melestarikan dan mempromosikan warisan budaya Indonesia serta mendukung usaha kecil dan menengah (UMKM).

Penghargaan kepada Loemongga tahun ini banyak menarik perhatian dari para pebisnis properti di Asia karena selain sukses dalam memimpin perusahaannya, Loemongga juga dikenal sebagai sosok yang kerap mendorong pemberdayaan wanita dalam segala bidang bisnis. 

Sebagai sosok yang pernah dinobatkan sebagai The Most Inspiring Women oleh Forbes Indonesia, Loemongga selalu berusaha membagikan pengetahuannya dalam bidang bisnis untuk kemajuan perempuan profesional. 

Kisah Loemongga tidak hanya menjadi salah satu kesuksesan profesional tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi perempuan di seluruh Indonesia. Perjalanannya yang luar biasa dalam memadukan percaya diri, kerja keras, dan kebaikan telah terbukti menjadi kunci kesuksesan, baik dalam industri yang didominasi laki-laki maupun perempuan.

Perspektif unik Loemongga sebagai pemimpin perempuan di industri yang didominasi laki-laki telah membawa pandangan baru terhadap pengembangan properti. Perhatiannya terhadap detail dan fokus dalam menciptakan ruang hidup yang nyaman telah menjadikannya pemimpin industri yang tak terbantahkan. 

Dengan keyakinan yang teguh terhadap potensi pasar real estat Indonesia, Loemongga tetap optimis terhadap potensi keuntungan yang dapat diberikan oleh investasi bijak di sektor properti. 

Pengakuan atas Real Estate Personality of the Year 2023 ini tidak hanya merayakan pencapaian individunya, namun juga upaya kolektif tim Asiana dan mitra bisnis berdedikasi yang memiliki komitmen teguh terhadap sektor properti Indonesia.

Loemongga bersama dengan tim Asiana Group juga meraih kategori Best Upper Condo Architectural Design untuk TwoSenopati dan kategori Best Condo Landscape Design untuk Andara Living. Sebelumnya pengembang properti terkemuka ini sudah pernah mendapatkan gelar dari PropertyGuru sebagai The Best Boutique Developer pada 2016.

Dewan Juri Pimpinan sekaligus Senior Director JLL Vivin Harsanto menuturkan Loemongga mampu menjadi inspirasi dan memengaruhi konstelasi sektor properti Indonesia menjadi lebih berdaya saing. Selain itu, proyek Asiana Group hadir dengan konsep cukup berbeda dibanding para pesaingnya dan didukung dengan lokasi yang sangat strategis di daerah SCBD, Jakarta. Persaingan di tahun ini sangat ketat karena para pengembang lainnya juga memiliki konsep unik dan berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Pencapaian Loemongga ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Dia menuturkan kunci dari keberhasilan Loemongga dalam memenangkan persaingan ketat bisnis properti adalah memberikan yang terbaik mulai dari pantang menyerah, fokus, dan dedikasi.

Menurutnya, saat awal terjun di dunia bisnis properti terdapat banyak tantangan yang dihadapi termasuk stigma gender antara perempuan dan laki-laki. 

“Saya sangat bangga punya istri memenangkan award ini. Saya melihat istri saya memang dia ingin menjadi pebisnis tentu saya sebagai suami memberikan dukungan. Di awal memang baru mulai dan banyak sekali tantangan, di awal banyak bisnis yang dicreate belum terlalu berhasil, dia tidak menyerah, tetap semangat, tetap dedikasi dan komitmen bangun bisnis. Saya sempat khawatir karena bisnis properti begitu ketat, dalam hidup ini enggak bisa liat gender bagaimana kita memberikan all out, saya kira bisa memberikan teladan kepada perempuan lain, asal serius, fokus, dedikasi, dan komitmen,” ujarnya, Jumat (15/9/2023) malam. 

Selain itu, menurut Agus, dukungan suami untuk para istri dalam memulai bisnis menjadi sangat penting dalam mengantar sebuah kesuksesan.

Loemongga Haoemasan juga mengaku bangga dan berterima kasih kepada PropertyGuru yang telah melihat jerih payah sebagai seorang pengembang perempuan dapat disetarakan dengan para pengembang senior lainnya yang telah lama berkecimpung dalam dunia properti.

“Penghargaan ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai seorang perempuan Indonesia dan pebisnis. Saya juga ingin berterima kasih kepada keluarga yang telah banyak mendukung usaha saya serta kepada team di Asiana yang tanpa lelah selalu mendukung visi saya untuk menciptakan hunian vertikal yang ikonik,” katanya.

Bagi Loemongga, kepiawaiannya sebagai pengusaha dan pemimpin bisnis handal tidak terlepas dari perannya sebagai seorang ibu terutama dalam menyusun perencanaan yang efektif serta kemampuan menghadapi semua tantangan. Apalagi dia sudah terbiasa dalam mengatur waktu dalam keluarga dan menghargai kepentingan masing-masing anggota keluarganya. 

Peran sebagai ibu ini juga membuatnya memiliki pertimbangan yang lebih menyeluruh dalam membuat keputusan. Hal ini tercermin dalam kemampuannya sebagai pebisnis sehingga dalam berbisnis semuanya akan berjalan layaknya sebuah naluri karena terbentuk dari proses keseharian yang alami.

Ke depan, Loemongga berkomitmen untuk membentuk arah pasar properti Indonesia, menciptakan lingkungan di mana transformasi positif menjadi kenyataan bagi banyak masyarakat Indonesia.

Salah satunya dengan menggarap pasar hunian terjangkau bagi kalangan milenial dan gen Z. Salah satunya proyek Andara Living yang merupakan kolaborasi bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

“Kami akan banyak membangun hunian affordable menyasar gen Z dan milenial, hunian yang dekat dengan LRT dan MRT. Selain itu, di tahun depan juga akan garap hunian di Bali seluas 3 hektare untuk memenuhi kebutuhan WFA (Work From Anywhere),” tutur Loemongga

Adapun saat ini, nilai portofolio aset Asiana Group berada sekitar Rp10 triliun dan ditargetkan dapat bertumbuh 2 kali lipat selama 5 tahun mendatang.

Source: https://bisnisindonesia.id/article/mengenal-loemongga-haoemasan-dan-kiprah-bangun-apartemen-mewah